Modifikasi Air brush


Selain bodi fiber dan limbah moge, dunia modifikasi kendaraan (motor atau mobil) juga mengenal airbrush, yaitu mendandani kendaraan dengan permainan warna di luar kelir asli standar pabrikan. Pelakunya sudah pasti para seniman cat. Jumlahnya tidak sedikit. Jakarta maupun daerah-daerah di luarnya punya jagoan airbrush dengan keahlian dan hasil karya berbeda.
Bisa dibilang, barn.. penggarap cat kendaraan ini setara dengan modifikator bodi fiber dan kaki-kaki. Maklum, untuk mendukung tampilan fashion motor atau mobil, warna juga punya peranan penting, terutama untuk menguatkan kesan fashionable eye catching. Tapi, apa yang dimaksud dengan airbrush?
Sebagian orang, terutama modifikasimania, mungkin sering mendengar kata airbrush. Maklum, istilah itu sudah akrab sekali di telinga, apalagi pengaplikasiannya juga belakangan semakin marak. Tidak cuma pada bodi motor atau mobil, tapi lukisan, kaus, dan pernik-pernik lain, seperti cover handphone atau laptop. Meskipun aplikasinya luas, namun masih banyak orang yang belum memahami arti airbrush yang sesungguhnya dan hanya sebatas tahu kulitnya berdasarkan penglihatan sehari-hari.
Airbrush biasanya diartikan sebagai aktivitas mengecat kendaraan atau benda. Ya, seperti yang dilakukan tukang cat di bengkel-bengkel mobil. Padahal, kalau disimak, airbrush sebenarnya tidak sesimpel itu. Walaupun bentuk aktivitasnya memang pengecatan, tapi ada spesifikasi tersendiri. Nah, jika Anda mau menggeluti bisnis modif ini, Anda setidaknya perlu mengetahui definisinya secara lebih mendetail.
Airbrush terdiri dari dua suku kata dalam bahasa Inggris: air dan brush yang jika digabung mengandung makna semprotan atau sapuan angin. Dalam kamus Automotive ,Z terbitan Veloce Publishing, airbrush mengacu pada suatu alat untuk mengecat dengan memanfaatkan semprotan angin dari pipa semprot (nozzle) yang kecil. Pengecatan in diterapkan untuk gambar-gambar pada sebuah bidang. Artinya, bukan sekadar pewarnaan dasar, melainkan lebih kompleks dan lengkap dan melibatkan gabungan beberapa warna, bisa dua, tiga bahkan sampai sepuluh warna sekaligus.
“Misalnya gambar atau motif sebuah objek,” terang Tomy Gunawan dari Tomi Airbrush, di Pademangan, Jakut.
Teknik airbrush dimanfaatkan dalam pengecatan untuk mendapatkan hasil lebih sempurna dari objek-objek yang ditiru, seperti wajah orang, hewan, dan tokoh-tokoh kartun atau superhero. Dengan metode ‘cat semprot’ itu, sosok yang kita tiru jadi lebih bagus, lebih hidup. Efek yang dihasilkan terkesan tiga dimensi. Tampilannya juga begitu halus dan Karena itu, tidaklah aneh kalau di kalangan otomania atau dunia modifikasi banyak yang menyebut airbrush sebagai cat istimewa, cat semprot, cat efek basah, dan lain-lain. Tapi apa pun sebutan mereka, yang mereka maksud sebenarnya tetap satu: airbrush.
Apa saja peralatan airbrush? Di antaranya, ada yang disebut spray gun atau pen gun. “Keduanya masuk sebagai kategori alat utama. Sementara yang lainnya, seperti kompressor, slang dan lainnya sebagai pendukung,” sambung Tomy, seniman airbrush yang biasa menggarap pengecatan motor dan mobil konsumen untuk turun di ajang kontes modifikasi.
Lantas, bagaimana cara kerja airbrush? “Prosesnya disebut atomisasi atau pengabutan. Jadi cat dalam tabung atau wadahnya akan keluar melalui lubang penyemprot akibat adanya tekanan udara. Jumlah atau besarnya semburan tergantung tekanan dan pengaturan pada ujung lubang penyemprot,” urai modifikator yang sudah 12 tahun bergelut dengan cat ini. Dengan begitu, seniman atau pengecat bisa menyesuaikan seberapa banyak cat yang akan digoreskan pada bidang pengecatan. Artinya, tebal dan tipis pewarnaan bisa diatur secara manual oleh si pengecat. “Contoh untuk membuat bola mata yang kecil, tentu tekanan semprotan beda dibanding saat kita bikin hidung yang dimensinya lebih besar:jelas Tomy.
Lewat teknik airbrush, kita juga dapat mencampur satu warna dengan warna lainnya dalam proses pengecatan. Jika melakukannya dengan benar, paduan warna-warna itu tidak akan bertabrakan atau tumpang tindih, melainkan berpadu sangat artistik, lembut, dan teratur, balk sebagai gambar utamanya maupun latar belakangnya.

modif Road race


Road race di Indonesia terus berkembang, baik dari jumlah frekuensi penyelenggaraan, jenis maupun kelasnya. Hampir setiap bulan road race terselenggara di daerah (kejurda) maupun tingkat nasional (kejurnas) baik untuk semua merek atau untuk merek sejenis.
Misalnya untuk bulan Agustus 2006, ada yang namanya Honda Racing Championship yang digelar di PRJ Kemayoran, Suzuki Pertamina Enduro One Make Race di Palu, Kejurda Road Race Banten Seri III di Cilegon, Final Region III Djarum Montesz Road Race di Bengkulu, dan banyak lagi.
Di setiap ajang balap dapat kita saksikan betapa seru dan sengitnya beragam sepeda motor aneka merek dengan aneka klub. Untuk mengungguli peserta lain, tentu saja setiap peserta memerlukan kondisi sepeda motor yang prima. Dan, salah satu yang menjadi perhatian utama adalah urusan mesin.
Apabila kita jeli, maka kita bisa membuka bengkel khusus sepeda motor balap. Memang pelanggannya hanya sebatas para pembalap, tetapi bukan berarti penghasilan yang kita peroleh lebih kecil ketimbang bengkel general repair. Apalagi jika basil setting-an bengkel kita berhasil membawa pelanggan menjadi juara. Pasti, bengkel kita akan kebanjiran pelanggan lainnya.
Contoh motor yang ada pada gambar ini, konsep awal dari motor modifikasi yamaha f1zr ini adalah karya dari ras desain jalan, karena pemiliknya yang terjadi pada motor ini memiliki ras hobin jalan. kesulitan berasal dari memodifikasi motor ini adalah cat, karena tujuan f1zr modifikasi motor yamaha yang menggabungkan aspek balap dan airbrush.
Modifikasi motor Yamaha F1ZR dibuat oleh Mainan Modified dengan pekerjaan memakan waktu selama 2 bulan. Beberapa pengaturan juga diterapkan pada mesin yang semula F1ZR tidak hanya bersaing dalam acara modif saja, tetapi juga untuk acara road race.

Sejarah Sepeda motor


Banyak orang memiliki sepeda motor, tapi tahukah dari mana asal sepeda motor itu?
Bersepeda motor memang menawarkan banyak kesenangan daripada berbagai aktivitas lainnya. Jika Anda memang salah satu pencinta dan pengguna sepeda motor, pengetahuan tentang sejarah sepeda motor akan menjadi hal penting dan memperkaya ilmu Anda.
Sepeda motor pertama kali berhasil dibuat pada 1885 oleh orang Jerman, Gottlieb Daimler. Saat itu memang benar-benar merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Sepeda motor buatan Daimler menggunakan mesin 4-Tak dengan sebuah silinder berbahan bakar bensin yang dipasang secara vertikal pada bagian tengahnya.
Meskipun sepeda motor ini sangat sederhana namun memberi inspirasi, dan banyak fiturnya masih digunakan pada sepeda motor saat ini. Walaupun bukan yang pertama, tetapi di Museum Nasional Sejarah Amerika dipajang sepeda motor yang dibuat Sylvester H. Roper, penduduk Massacushets.
Perbedaan utama dengan sepeda motor Daimler terletak pada mesinnya, yakni mesin Roper menggunakan mesin uap. Pada tahun 1902, insinyur Jerman bernama Maurice (Mauritz) Johan Schulte merancang sepeda motor yang pertama kali diproduksi oleh perusahaan Inggris Triumph Cycle Co.Ltd.
Sepeda motor ini juga masih berupa sepeda yang dipasangi mesin buatan Belgia. Harley Davidson pada awalnya juga merupakan sepeda yang dipasangi mesin. Harley Davidson didirikan oleh William S. Harley dan Arthur Davidson, juga pada tahun 1902, dengan nama Harley-Davidson Motor Company.
Harley Davidson terkenal dengan mesinnya yang tangguh, kuat, dan tahan lama. Pada 1920, Harley Davidson menjadi perusahaan pembuat sepeda motor terbesar di dunia. Di Jepang, Soichiro Honda, pendiri perusahaan Honda, telah mulai membuat sepeda motor sejak tahun 1908.
Sepeda motor Honda saat itu juga merupakan sepeda yang diberi mesin. Honda sendiri adalah seorang yang menyukai sepeda motor dan sering melakukan kompetisi balap.

Perawatan CAt pada kendaraan anda

Siapa sih yang nggak pengin motornya terlihat gres dan kinclong terus? Tapi sering kali meski sudah kita bersihkan dan sirami, tetap saja makin lama bodi motor kita terlihat kusam dan tak menarik.
Tampilan sering membawa kesan tersendiri. Selain saat ini tampilan-tampilannya sudah dirancang menarik oleh produsen sepeda motor tersebut, ditambah perawatan, akan membuatnya tampil lebih berkelas dan juga menambah keyakinan sehingga bangga dalam mengendarainya.
Iklan-iklan pemoles bodi sepeda motor di televisi dengan menggunakan sepeda motor tipe sport, menampilkan bintangnya bercermin pada tangki bensinnya yang mengilat. Body sepeda motor yang umum beredar di Indonesia sebagian besar terbuat dari bahan plastik padat yang mempunyai karakteristik mudah pecah, tergores, dan pudar sehingga perlu disiasati agar body kendaraan Anda tidak rusak, antara lain:
1. Pada musim kemarau usahakan kendaraan Anda selalu dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran yang ada selama Anda mengendarai kendaraan tersebut. Tempatkan sepeda motor di tempat yang teduh supaya cat tidak mudah kusam dan pudar warna kendaraan Anda. Jika ingin membersihkan debu yang menempel di bodi, jangan menggunakan lap kering karena dapat menyebabkan tergoresnya cat. Sebaiknya bersihkan debu dengan bulu ayam.
2. Lakukan pencucian kendaraan Anda dengan sampo yang banyak beredar di pasaran. Jangan menggunakan sabun atau deterjen karena akan merusak bodi kendaraan Anda dan yang paling penting langsung dilap sampai kering dan sisa-sisa sabun hilang. Sisa-sisa sampo membuat cat menjadi kusam. Dalam mencuci sepeda motor, sebaiknya gunakan lap yang berpermukaan halus dan tidak berserat agar cat tidak tergores.
3. Dampak negatif air hujan. Jangan abaikan juga perawatan bodi saat musim penghujan tiba. Air hujan bersifat asam, lebih parah lagi di kota-kota besar. Air yang asam tersebut akan merusak cat, bahkan jangka panjangnya bisa korosi. Maka, pada saat-saat itu perawatan bodi mutlak harus Anda lakukan karena kadar asam yang terdapat dalam air hujan bisa memupus angan-angan Anda untuk memiliki kendaraan yang mengilat dan bernilai jual tinggi. Untuk mencegah kerusakan pada cat, bekas-bekas air hujan pada bodi harus di bersihkan dan dikeringkan. Jangan sekali-kali membiarkan sepeda motor Anda teronggok begitu saja sehabis seharian diguyur air hujan atau basah karena melewati genangan air karena di samping merusak cat, juga bisa mengakibatkan karat pada mesinnya.
4. Dampak negatif kondisi pinggir laut. Daerah pinggiran laut memiliki udara dengan kadar garam yang tinggi, apalagi airnya. Sepeda motor yang sering digunakan di daerah tersebut perlu mendapat perawatan ekstra akibat pengaruh garam tersebut. Garam terkenal sangat korosif terhadap logam, misalnya pada mesin atau pelek. Bagi Anda yang hobi jalan-jalan-ke pantai, segera bersihkan dari dampak garam tersebut dengan mencuci bersih sepeda motor memakai sampo yang direkomendasikan.
5. Cat tidak boleh terlalu sering dipoles. Penggunaan pemoles bodi yang membuatnya mengilat dan terlalu sering akan menipiskan lapisan cat.

SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL

SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL


1. Sistem Bahan Bakar Secara umum sistem bahan bakar pada sepeda motor berfungsi untuk menyediakan bahan bakar, melakukan proses pencampuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan yang tepat, kemudian menyalurkan campuran tersebut ke dalam silinder dalam jumlah volume yang tepat sesuai kebutuhan putaran mesin. Cara untuk melakukan penyaluran bahan bakarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sistem penyaluran bahan bakar dengan sendirinya (karena berat gravitasi) dan sistem penyaluran bahan bakar dengan tekanan. Sistem penyaluran bahan bakar dengan sendiri diterapkan pada sepeda motor yang masih menggunakan karburator (sistem bahan bakar konvensional). Pada sistem ini tidak diperlukan pompa bahan bakar dan penempatan tangki bahan bakar biasanya lebih tinggi dari karburator. Sedangkan sistem penyaluran bahan bakar dengan tekanan terdapat pada sepeda motor yang menggunakan sistem bahan bakar injeksi atau EFI (electronic fuel injection). Dalam sistem ini, peran karburator yang terdapat pada sistem bahan bakar konvensional diganti oleh injektor yang proses kerjanya dikontrol oleh unit pengontrol elektronik atau dikenal ECU (electronic control unit) atau kadangkala ECM (electronic/engine control module). 2. Bahan Bakar Jenis bahan bakar menurut bentuknya dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu : ►Bahan bakar padat : batu bara, arang, kayu ►Bahan bakar cair : bensin, minyak solar, minyak tanah ►Bahan bakar gas : elpiji Pada kendaraan – kendaraan yang sering dilihat di jalan, umumnya mempergunakan bahan bakar cair yaitu bensin atau minyak solar. Hal ini dikarenakan bensin dan minyak solar merupakan bahan bakar yang efektif dalam penggunaannya, karena mempunyai beberapa kelebihan antara lain : ►Relatif ringan ►Effisien untuk menghasilkan panas ►Sisa pembakaran sedikit dan tidak merusak mesin ►Cara penyimpanannya mudah (susai kondisi tempat) Bahan bakar bensin merupakan persenyawaan Hidro-karbon yang diolah dari minyak bumi. Untuk mesin bensin dipakai bensin dan untuk mesin diesel disebut minyak diesel. Premium adalah bensin dengan mutu yang diperbaiki. Bahan bakar yang umum digunakan pada sepeda mesin adalah bensin. Unsur utama bensin adalah carbon (C) dan hydrogen (H). Bensin terdiri dari octane (C8H18) dan nepthane (C7H16). Pemilihan bensin sebagai bahan bakar berdasarkan pertimbangan dua kualitas; yaitu nilai kalor (calorific value) yang merupakan sejumlah energi panas yang bisa digunakan untuk menghasilkan kerja/usaha dan volatility yang mengukur seberapa mudah bensin akan menguap pada suhu rendah. Dua hal tadi perlu dipertimbangkan karena semakin naik nilai kalor, volatility-nya akan turun, padahal volatility yang rendah dapat menyebabkan bensin susah terbakar.

SISTEM BAHAN BAKAR KONVENSIONAL (KARBURATOR)

1. Sistem Bahan Bakar Sepeda Motor
Sistem bahan bakar sepeda motor pada umumnya terdiri dari beberapa komponen antara lain yaitu : Tangki bensin , Saringan bensin, selang bensin dan karburator. Pada tangki bensin dilengkapi dengan pengukur tinggi bensin, untuk tipe ini pada karburator dilengkapi kran bensin . Apabila keran bensin dibuka maka secara alamiah bensin akan mengalir menuju ke karburator. Agar bensin yang masuk ke karburator bersih dari kotoran terlebih dahulu disaring oleh saringan bensin. Komponen-komponen sistem bahan bakar dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.
1
2. Karburator
a. Prinsip kerja karburator
Karburator memproses bahan bakar cair menjadi partikel kecil dan dicampur dengan udara sehingga memudahkan penguapan. Prosesnya serupa dengan penyemburan ( spray). Pada gambar dibawah ini diterangkan prinsip dari penyemburan. Sebagai akibat dari derasnya tiupan angin di (a), suatu kondisi vacum (tekanan dibawah atmosfir) terjadi di 

(b).Perbedaan tekanan antara vacum dan atmosfir udara di (c) mengakibatkan semburan terjadi pada gasoline (b). Berdasarkan proses ini, maka semakin cepat aliran udara (a) mengakibatkan semakin besar vacum yang terjadi pada (b), dan semakin banyak gasoline yang disemprotkan / disemburkan
2
b. Aturan Kerja Karburator.
Bahan bakar dan udara dibut
uhkan motor bensin untuk berjalan. Bahan bakar berupa bensin dicampur dengan udara oleh karburator supaya mudah terbakar dan di alirkan keruang bakar. Dengan kata lain, karburator bekerja sesuai aturan sebagai Berikut :
► Volume campuran udara dan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin.
► Menciptakan campuran udara dan bahan bakar sedemikian rupa tepat sesuai kecepatan mesin.
► Merubah bensin menjadi partikel-partikel bercampur dengan udara sehingga mudah disemburkan atau dikabutkan.

3. Campuran Bahan Bakar dan Udara

Saat langkah isap pada mesin, tekanan didalam silinder lebih rendah dari atmosfir, maka aliran udara tercipta yang mengalir melalui karburator kedalam saluran pemasukan kesilinder. Pada bagian dari aliran ini, ada bagian yang menyempit yang disebut dengan Venturi. Dengan adanya venturi tersebut maka aliran menjadi lebih deras dan menciptakan Kevacuman pada bagian venturi tersebut.
Pada titik tersebut dipasang saluran dimana bahan bakar disemprotkan. Bahan bakar masuk, terpancar membentuk partikel–partikel kecil dan disemburkan. Pada dasarnya karburator digunakan untuk membedakan langkah ini dalam beberapa tingkatan dalam mekanisme yang komplek. Partikel bahan bakar yang terbentuk pada proses ini mengalir melalui pipa pemasukan (intake pipe) dan sebelum sampai ke silinder telah berubah menjadi uap dan secara sempurna membentuk campuran bahan bakar dan udara. Biasanya, saat proses peralihan dari cairan bahan bakar menjadi partikel ( disemburkan ) katup gas terbuka secara penuh dan putaran mesin pada putaran tinggi, dengan aliran udara mencapai kecepatan maksimum, maka pada saat ini merupakan titik optimum kerja proses penyemburan.
3
Ketika katup gas tertutup berarti kecepatan mesin perlahan, aliran angin juga turun maka tidak seluruh bahan bakar berubah menjadi partikel dan partikel-partikel bahan bakar yang besar tertinggal, tidak tersemburkan, dengan demikian pada putaran rendah konsentrasi perbandingan udara dan bahan bakar menjadi jenuh.

4. Menentukan Jumlah Campuran Udara dan Bahan Bakar

Diantara periode waktu tertentu, beberapa kali pembakaran terjadi saat mesin berputar pada kecepatan rendah adalah sedikit dan bila putaran mesin tinggi maka akan banyak.
Bila ditentukan sejumlah campuran udara dan bahan bakar dibutuhkan untuk terjadinya pembakaran suatu saat, ternyata bahwa pembakaran terjadi banyak sekali, berindikasi bahwa volume campuran udara dan bahan bakar juga tinggi. Konsekuensinya, dengan meningkatkan atau menurunkan jumlah campuran bahan bakar yang disalurkan oleh karburator ke mesin, kecepatan mesin akan naik dan turun dan kemampuan akan naik atau turun. Dalam kenyataannya, bila tuas gas diputar dan kabel ditarik sejauh gerakan kabel tersebut.
4
Kebanyakan udara pada karburator memungkinkan lebih banyak campuran bahan bakar dan udara mengalir masuk dan meningkatkan cepat putaran mesin. Sebaiknya dengan menutup tuas gas, tertutup juga katup gas dan menurunkan laju putaran mesin.

5. Perbandingan Campuran Udara dan Bensin

Campuran bahan bakar dan udara yang dimasukan dari karburator ke silinder dimampatkan dan dinyalakan oleh busi sehingga terbakar. Campuran bahan bakar dan udara yang dapat terbakar bagaimanapun juga terbatas pada jangkauan tertentu, bila batasan dilampaui campuran tersebut tidak akan terbakar.
5
Dengan kata lain bila terlalu banyak udara dalam campuran atau tidak cukup udara, campuran tidak akan terbakar. Dalam banyak masalah proporsi antara udara terhadap bahan bakar yang dinyatakan dalam perbandingan berat.
Suatu perbandingan campuran udara dan bahan bakar 15 : 1 berarti bahwa 1 gram bahan bakar dicampur dengan 15 gram udara.

a) Perbandingan campuran secara teori
Saat bahan bakar dibakar seluruhnya, ia berubah menjadi gas karbon dioksid dan air. Bila campuran bahan bakar dan udara pada kondisi itu dihitung dalam visi teori terdapat 1 gram bahan bakar untuk 15 gram dan proporsi ini 15 : 1 ini disebut perbandingan teori campuran.
b) Batasan dimana pembakaran terjadi
6
c) Perbandingan campuran saat pengendapan
►Saat mesin di start ( dingin ) 2-3 : 1 (choke dipergunakan)
►Hangat 7 – 8 : 1
►Pada putaran stasioner ( idling ) 8 – 12 : 1
►Berjalan normal dengan beban ringan 15 – 17 : 1
►Beban berat 11 – 13 :1
►Saat percepatan ( tarikan ) : berfariasi tergantung dari cara percepatan, tapi pasti tambah jenuh.
6. Jenis-jenis Karburator
Pada dasarnya karburator dibedakan oleh arah jalannya udara yang dimasukkan, sistem katup gas, jumlah tabung (pipa saluran udara) dan cara berfungsinya. Biasanya karburator dengan mudah dapat dibedakan sesuai dengan jenisnya. Sebab setiap pembuatan mempergunakan konstruksi yang jelas dan cara kerja, tapi karburator yang dipergunakan saat ini dikatakan mempunyai ketangguhan yang sama, sehingga sulit dibedakan.
a) Pengelompokan berdasarkan arah aliran
Karburator terpasang pada mesin melalui pipa saluran pemasukan (intake pipe) dan menghasilkan campuran bahan bakar dan udara mengalirkannya ke silinder. Karburator dapat dibedakan melalui arah aliran udara ketika berfungsi pencampuran bahan bakar dan udara. Ada dua tipe, pertama terpasang secara horisontal (horizontal draft) dan tipe lainya adalah terpasang secara menurun (down draft).7Biasanya tipe horisontal dipakai pada sepeda motor. Untuk mobil dibutuhkan semburan dan pemanfaatan grafitasi, untuk itu type down draft dipergunakan dan ini sangat tinggi efisiensinya. Sekarang pemanfaatan type down draft pada sepeda motor mulai populer.
b) Pengelompokan Berdasarkan Sistem Katup Gas
Karburator dibutuhkan untuk menambah atau mengurangi volume campuran bahan bakar dan udara yang dialirkan ke silinder. Katup yang mengatur volume campuran tersebut disebut katup gas (throttle valve). Katup gas dibedakan menjadi dua, pertama adalah katup tipe piston (piston type) dengan posisi tegak lurus, yang lain tipe kupu-kupu (butterfly throttle valve) yang berbentuk piringan yang bergerak membuka dan menutup sebagai penyesuaian banyaknya campuran bahan bakar dan udara.8
Piston valve karburator secara langsung berfungsi merubah diameter ventury. Suzuki mempergunakan VM karburator yang dilengkapi dengan throttle valve. Tipe kupu-kupu dilengkapi venturi yang terpisah dari katup gas. Bagian venturi adalah saluran venturi tetap dengan diameter tidak berubah, katup gas berupa ventury variabel yang otomatis berubah karena pengaruh dari kondisi volume pada saluran pemasukan. Karburator tipe Bs dipergunakan Suzuki adalah karburator dengan katup gas batterfly dilengkapi variabel venturi.9
c) Pengelompokan berdasarkan jumlah saluran
Ada dua macam karburator, yang pertama dengan tabung tunggal pada tubuh (body) karburator tersebut tabung tunggal (single barrel) atau karburator satu tingkat (single stage) dan yang lainnya dengan dua tabung bekerja berbarengan disebut karburator dua tabung satu tingkat
7. Konstruksi Karburator
Seperti penjelasan sebelumnya, ada beberapa macam karburator, salah satunya dipakai sesuai kegunaan dan baik untuk kandisi musim.
Di Suzuki, karburator tipe VM dengan katup piston terutama dipakai pada mesin 2 (dua) langkah. Sedangkan karburator tipe BS dengan katup tipe butterfly digunakan pada mesin 4 (empat) langkah.
Pada tipe VM, saluran bahan bakar dan udara berubah tergantung sejauh mana katup gas terbuka, menghasilkan volume yang sesuai campuran bahan bakar dan udara dengan kerja kendaraan. VM karburator menggunakan katup piston dengan rancangan posisi yang tegak lurus sesuai dengan pergerakannya. Dengan derasnya aliran campuran bahan bakar dan udara tergantung dari sudut yang diciptakan oleh terbukanya katup gas10
Gambar Konstruksi Karburator Tipe VM
8. Sistem Choke
Normalnya bahan bakar disemburkan oleh karburator, pengabutan pada saluran pemasukan, silinder ke bagian lain hingga terbakar, saat mesin masih dingin, dengan demikian pengabutan terjadi sangat sedikit, konsekuensinya bila menghidupkan mesin pada kondisi mesin dingin, jumlah bahan bakar yang lebih banyak dibutuhkan untuk menutupi kebutuhan tersebut, karena kesulitan pengabutan dilengkapi sistem choke untuk mengatasi situasi tersebut.
Sistem choke dilengkapi oleh sebuah starter jet, starter pipe, starter pluger (katup choke) dan komponen lain yang menunjang fungsi. Ketika katup gas tertutup, starter plunger terbuka sepenuhnya dan saat mesin dihidupkan melalui elektrik atau starter kaki, kondisi vakum pada saluran pemasukan berpengaruh pada bagian fuel injection port. Jumlah bahan bakar diatur oleh starter jet dan mengalir melalui starter pipe dimana terdapat air blood hole (lubang udara) dan udara awal bercampur dengan bahan bakar mengalir melalui lubang udara tersebut menghasilkan campuran yang jenuh masuk ke ruang plunger (katup choke). Selanjutnya udara kedua bercampur dengan bahan bakar yang berasal dari starter jet, membentuk campuran yang lebih optimum untuk menyalakan mesin, mengalir melalui fuel injection port ke mesin dalam bentuk uap / kabut.
Dengan sistem choke percampuran bahan bakar dan udara diatur oleh jet, campuran yang konstan dapat diperoleh dan penyalakan mesin dapat dilakukan dengan mudah. Dengan catatan saat choke dioperasikan katup gas tidak berfungsi.11
Gambar Saat Sistem Chuke Bekerja
Choke biasa berfungsi setelah tuas digerakan untuk menarik dan membuka starter plunger (katup choke) tapi ada satu sistem mekanis yang berfungsi secara otomatis, choke otomatis dapat dipakai dibeberapa bentuk kegunaan.
Disini kita akan melihat PTC tipe pemanas yang dipakai oleh SUZUKI.
PTC (Positive Temperature Cocflicient) adalah mekanisme choke tipe pemanas aliran listrik yang dihasilkan oleh putaran magnit dialirkan ke bagian pemanas pada PTC yang terbuat dari keramik. Panas yang terjadi membuat thermowox mengembang dan mengaktifkan starter plunger. Akibatnya terjadi suatu aliran penyemburan yang bervariasi.12
Gambar Sistem Chuke Positive Temperature Cocflicient
- Ketika mesin dingin thermowax mengkerut sebagai respon dari naik/turunnya temperatur, maka pegas berfungsi untuk membuka katup choke (strater plunger).13
- Mesin hidup, magnit berfungsi sebagai pembangkit listrik, PTC berfungsi, katup choke terdorong kebawah. Proses ini digunakan untuk mengatur berapa derajat besarnya yang mengakibatkan saluran choke terbuka. PTC terus menghasilkan panas, thermowax mengembang sepenuhnya starter plunger tertekan kebawah, saluran choke tertutup sepenuhnya.14
9. Kerja Karburator Putaran Langsam
Dari putaran langsam kekecepatan rendah, katup gas terbuka sedikit maka celah antara jet needle (jarum) dan needle jet (saluran) kecil. Juga karena putaran rendah, vacum yang terjadi sangat lemah/terbatas sehingga tidak terjadi aliran pada celah tersebut. Pada saat ini aliran bahan bakar dilakukan oleh pilot sistem.
Ada dua macam pilot sistem, menggunakan satu atau dua lubang, penggunaan satu atau dua lainnya tergantung pada karakter mesin.
Yang membedakan antara keduanya adalah satu atau dua saluran masuk (injection port) . Pilot out let dengan satu saluran injection terletak dimanan saluran bypass berada sebagai lubang / saluran kedua ( two-hole-type ). Sebagian besar yang menggunakan tipe single hole adalah karburator yang berdiameter terkecil.
a) Tipe Lubang Tunggal
Dari mesin hidup sampai kendaraan jalan perlahan, bahan bakar ditakar oleh pilot jet dan diatur oleh pilot air srew dan dicampur dengan udara, menghasilkan campuiran yang jenuh disemburkan melalui pilot dengan out let. Kemudian dicampur dengan sedikit udara dari saluran utama, maka akan menghasilkan campuran udara dan bahan bakar yang optimum sesuai kondisi kerja mesin , kemudian dialirkan kesilinder. Jenuh atau kurusnya campuran yang dialirkan ke mesin tergantung dan banyaknya putaran pada pilot air screw pada karburator.15
Gambar Karburator Pilot Sistem Tipe Lubang Tunggal
b) Tipe dua lubang
Saluran pilot out let terletak lebih kearah mesin dari pada katup gas bypass terletak pilot out let Hampir ditengah antara dan needle jet seperti terlihat pada gambar (1) saat mesin berputar stasioner katup gas terbuka sangat sedikit, udara yang diatur yang diatur 0leh pilot air srew bercampur dengan bahan bakar yang diatur oleh pilot jet. Pada bagian bypass udara dan bahan bakar dicampur untuk menguruskan campuran. Pada saat yang sama campuran juga terjadi dan dialirkan melalui pilot outet let. Pada gambar (2) katup katup gas terbuka lebar, campuran yang dialirkan hanya melalui pilot out let menjadi kurang memadai, dan tambahan kebutuhan bahan bakar dapat dialirkan.16A16B
Gambar Karburator Pilot Sistem Tipe Dua Lubang
10.Kerja Karburator Putaran Cepat
Sistem utama mengalirkan bahan bakar pada kecepatan menengah sampai tinggi. Saat katup gas tebuka lebih lebar, aliran udara melalui venturi makin cepat dan bahan bakar terhisap melalui jet needle. Tipe VM karburator dilengkapi dengan pilot system dan main system yang berdiri sendiri-sendiri. Main system ada dua cara : pertama bleed type dan yang lain premary type.17
a) Bleed Type
Sebuah saluran udara ditempatkan ditengah diantara needle jet dan udara dialirkan melalui air jet bleed hole, memenuhi kebutuhan saat kecepatan menengah sampai tinggi.18
Gambar Bleed Type
b) Primary Type
Tidak terdapat lubang saluran udara pada needle jet. Udara dari primary air diatur oleh celah yang terbentuk antara jet needle dan needle jet premary choke dirancang untuk menghindarkan keluarnya bahan bakar keluar saat terjadi semburan pada mesin

Pengertian EFI

pengertian bahan bakar injeksi (EFI)

1. Perkembangan Sistem Bahan Bakar Injeksi
Sistem bahan bakar tipe injeksi merupakan langkah inovasi yang sedang dikembangkan untuk diterapkan pada sepeda motor. Tipe injeksi sebenarnya sudah mulai diterapkan pada sepeda motor dalam jumlah terbatas pada tahun 1980-an, dimulai dari sistem injeksi mekanis kemudian berkembang menjadi sistem injeksi elektronis. Sistem injeksi mekanis disebut juga sistem injeksi kontinyu (K-Jetronic) karena injektor menyemprotkan secara terus menerus ke setiap saluran masuk (intake manifold). Sedangkan sistem injeksi elektronis atau yang lebih dikenal dengan Electronic Fuel Injection (EFI), volume dan waktu penyemprotannya dilakukan secara elektronik. Sistem EFI kadang disebut juga dengan EGI (Electronic Gasoline Injection), EPI (Electronic Petrol Injection), PGM-FI (Programmed Fuel Injenction) dan Engine Management. Penggunaan sistem bahan bakar injeksi pada sepeda motor komersil di Indonesia sudah mulai dikembangkan. Salah satu contohnya adalah pada salah satu tipe yang di produksi Astra Honda Mesin, yaitu pada Supra X 125. Istilah sistem EFI pada Honda adalah PGM-FI (Programmed Fuel Injection) atau sistem bahan bakar yang telah terprogram. Secara umum, penggantian sistem bahan bakar konvensional ke sistem EFI dimaksudkan agar dapat meningkatkan unjuk kerja dan tenaga mesin (power) yang lebih baik, akselarasi yang lebih stabil pada setiap putaran mesin, pemakaian bahan bakar yang ekonomis (iriit), dan menghasilkan kandungan racun (emisi) gas buang yang lebih sedikit sehingga bisa lebih ramah terhadap lingkungan. Selain itu, kelebihan dari mesin dengan bahan bakar tipe injeksi ini adalah lebih mudah dihidupkan pada saat lama tidak digunakan, serta tidak terpengaruh pada temperatur di lingkungannya.


2. Prinsip Kerja Sistem EFI
Istilah sistem injeksi bahan bakar (EFI) dapat digambarkan sebagai suatu sistem yang menyalurkan bahan bakarnya dengan menggunakan pompa pada tekanan tertentu untuk mencampurnya dengan udara yang masuk ke ruang bakar. Pada sistem EFI dengan mesin berbahan bakar bensin, pada umumnya proses penginjeksian bahan bakar terjadi di bagian ujung intake manifold/manifold masuk sebelum inlet valve (katup/klep masuk). Pada saat inlet valve terbuka, yaitu pada langkah hisap, udara yang masuk ke ruang bakar sudah bercampur dengan bahan bakar. Secara ideal, sistem EFI harus dapat mensuplai sejumlah bahan bakar yang disemprotkan agar dapat bercampur dengan udara dalam perbandingan campuran yang tepat sesuai kondisi putaran dan beban mesin, kondisi suhu kerja mesin dan suhu atmosfir saat itu. Sistem harus dapat mensuplai jumlah bahan bakar yang bervariasi, agar perubahan kondisi operasi kerja mesin tersebut dapat dicapai dengan unjuk kerja mesin yang tetap optimal.


3. Konstruksi Dasar Sistem EFI
Secara umum, konstruksi sistem EFI dapat dibagi menjadi tiga bagian/sistem utama, yaitu; a) sistem bahan bakar (fuel system), b) sistem kontrol elektronik (electronic control system), dan c) sistem induksi/pemasukan udara (air induction system). Ketiga sistem utama ini akan dibahas satu persatu di bawah ini. Jumlah komponen-komponen yang terdapat pada sistem EFI bisa berbeda pada setiap jenis sepeda mesin. Semakin lengkap komponen sistem EFI yang digunakan, tentu kerja sistem EFI akan lebih baik sehingga bisa menghasilkan unjuk kerja mesin yang lebih optimal pula. Dengan semakin lengkapnya komponen-komponen sistem EFI (misalnya sensor-sensor), maka pengaturan koreksi yang diperlukan untuk mengatur perbandingan bahan bakar dan udara yang sesuai dengan kondisi kerja mesin akan semakin sempurna. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh skema rangkaian sistem EFI pada Yamaha GTS1000 dan penempatan komponen sistem EFI pada Honda Supra X 125.
Gambar Penempatan Komponen Sistem EFI Honda Supra X 125.
**. Sistem Bahan Bakar Komponen-komponen yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin terdiri dari tangki bahan bakar (fuel pump), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan bahan bakar (fuel filter), pipa/slang penyalur (pembagi), pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator), dan injektor/penyemprot bahan bakar. Sistem bahan bakar ini berfungsi untuk menyimpan, membersihkan, menyalurkan dan menyemprotkan /menginjeksikan bahan bakar.
Gambar Komponen EFI Honda Supra X 125
Adapun fungsi masing-masing komponen pada sistem bahan bakar tersebut adalah sebagai berikut: 
1) Fuel suction filter; menyaring kotoran agar tidak terisap pompa bahan bakar.


 2) Fuel pump module; memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injektor. Penyaluran bahan bakarnya harus lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan mesin supaya tekanan dalam sistem bahan bakar bisa dipertahankan setiap waktu walaupun kondisi mesin berubah¬ubah.
Gambar Konstruksi Fuel Pump Module


3) Fuel pressure regulator; mengatur tekanan bahan bakar di dalam sistem aliran bahan bakar agar tetap/konstan. Contohnya pada Honda Supra X 125 PGM-FI tekanan dipertahankan pada 294 kPa (3,0 kgf/cm2, 43 psi). Bila bahan bakar yang dipompa menuju injektor terlalu besar (tekanan bahan bakar melebihi 294 kPa (3,0 kgf/cm2, 43 psi)) pressure regulator mengembalikan bahan bakar ke dalam tangki.


4) Fuel feed hose; slang untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju injektor. Slang dirancang harus tahan tekanan bahan bakar akibat dipompa dengan tekanan minimal sebesar tekanan yang dihasilkan oleh pompa.


5) Fuel Injector; menyemprotkan bahan bakar ke saluran masuk (intake manifold) sebelum, biasanya sebelum katup masuk, namun ada juga yang ke throttle body. Volume penyemprotan disesuaikan oleh waktu pembukaan nozel/injektor. Lama dan banyaknya penyemprotan diatur oleh ECM (Electronic/Engine Control Module) atau ECU (Electronic Control Unit).
Gambar Konstruksi Injektor
Terjadinya penyemprotan pada injektor adalah pada saat ECU memberikan tegangan listrik ke solenoid coil injektor. Dengan pemberian tegangan listrik tersebut solenoid coil akan menjadi magnet sehingga mampu menarik plunger dan mengangkat needle valve (katup jarum) dari dudukannya, sehingga saluran bahan bakar yang sudah bertekanan akan memancar keluar dari injektor.

Puisi Kecewa

Puisi Dendam

Aku sudah tak ingin lagi peduli padamu
Sudah tak ingin…
Kekecewaan ini tlah menumpuk
Menjadi amarah yang tak bisa aku luapkan
Aku kan diam
Diam dalam dendam
mengutukmu sepanjang malam
Bersama kelamnya mimpi yang tlah kau injak injak
Tak akan ada lagi doaku
Sungguh bisa kau pastikan itu
Untaian harap tlah terburai jadi mantra hitam
Yang akan menghampiri tidurmu
Mencekik dan membunuhmu perlahan
Dan bila aku mati nanti
Akan kuhantui bayangmu
Terus.. Hingga kau menyadari kehadiranku yang kau sia siakan..

Puisi Cinta

 Jatuh Cinta

Saat asa tak lagi mampu menjawab
kini hati tak lagi mengucap
Sepi yang erat mendekap
dan hanya kosong yang kutatap
Saat rasa menjadi beku
hatipun merasa pilu
Hasrat yang terbelenggu
kuingin semua berlalu
Aku tak mampu . . .
Aku tak sanggup . . .
Dan aku tak ingin kau jauh . . .
Dengarlah sayang,
suara hatiku memanggilmu..
Rasakanlah sayang,
disini aku mendambamu..
Jangan biarkan aku sendiri dan kesepian,
Ku ingin Kau mngerti perasaan ini,
Karena,,,
Ku yakin kaulah bagian dari hidupku

Puisi Untuk Kehidupan

 Kehidupan

untuk hidup.. segala’a harus di lakukan…
untuk hidup.. kufikirkan apa yang terbaik…
untuk hidup.. aku mencoba untuk selalu sabar…
untuk hidup.. kuingin ada org yg selalu bsa jdi segala’a untukku…
untuk hidup.. kucari kebahagiaan yg sulit untuk di dapat…
untuk hidup.. aku mencoba merubah apa yang ada…
untuk hidup.. aku tersenyum…
untuk hidup.. aku mengalah…
untuk hidup.. aku menutup diri…
untuk hidup.. aku menangis…
untuk hidup aku tertawa…
untuk hidup aku berjalan dan berlari…
karena hidup ini membuatku berfikir apa yang akan terjadi bila aku hanya berdiam diri…

Steps to boot from USB HDD/ Pen drive explained(Langkah-langkah untuk boot dari USB HDD / Pen drive menjelaskan)

*** Its Possible to Boot from USB****

1- Plug in ur USB device BEFORE powering up.
2- Put USB drive on USB hub
3- Power UP
4- Enter BIOS through F2
5- Go to the "Boot" main menu
6- Left to the Harddrive you will see a "+" (plus" mark).
7- With the arrows select it (should be white).
8- Hit enter and voilà

In case of USB DVD/CDROM the methord is almost same, just change the boot option to cd rom



I did not want to put up new thread and leave the old one hanging around.So edited the initial thread . The problem was lack of documenation & acers ignorant support engg . So i'm sharing exp heree which might help others



***** OLD Thread Below Please ignore it *******
In most ACER laptops i have seen "BOOT FROM USB" missing , Which is a must nowadays

ACER TRAVELMATE 2300
ACER TRAVELMATE 4000
ACER TRAVELMATE 4500
ACER ASPIRE 1680
ACER ASPIRE 1410
These are the models i know so far..if your model does not support please add it here

Boot options available in ACER laptops ( No USB, No PCMCIA)
1) Floppy
2) Hard disk
3) CD-Rom/DVD
4) Network Boot

I think we should form a group and ask ACER to release new Bios update which supports "Boot from USB" Funtion

I have not seen any one complaining this so far . So thought of putting up a thread
If your are intrested please post your opinions


-Venombite- Have this issue been reported before , may be no one cared to check

**** old thread end***

*** Kemungkinan untuk Boot dari USB ****
1 - Tancapkan perangkat USB SEBELUM powering up. 2 - Masukan USB drive pada hub USB 3 - Power UP 4 - Masukkan BIOS melalui F2 5 - Pergi ke menu "Boot" utama 6 - Kiri ke Harddisk Anda akan melihat "+" (plus "tanda). 7 - Dengan panah pilih (harus putih). 8 - Tekan enter dan voila
Dalam kasus USB DVD / CDROM methord adalah hampir sama, hanya mengubah pilihan boot ke cd rom


Aku tidak ingin memasang thread baru dan meninggalkan yang lama tergantung around.So diedit thread awal. Masalahnya adalah kurangnya dukungan Engg documenation & acers bodoh. Jadi aku berbagi heree exp yang mungkin membantu orang lain


***** Topik LAMA bawah Silakan mengabaikannya ******* Dalam laptop ACER yang paling saya telah melihat "BOOT DARI USB" hilang, yang adalah saat ini harus
ACER TRAVELMATE 2300 ACER TRAVELMATE 4000 ACER TRAVELMATE 4500 ACER ASPIRE 1680 ACER ASPIRE 1410 Ini adalah model saya tahu sejauh ini .. jika model Anda tidak mendukung silahkan menambahkannya di sini
Boot tersedia di laptop ACER pilihan (Tidak USB, PCMCIA Tidak) 1) Floppy 2) Hard disk 3) CD-Rom/DVD 4) Boot Jaringan
Saya pikir kita harus membentuk sebuah kelompok dan meminta ACER untuk merilis new update Bios yang mendukung "Boot dari USB" funtion
Saya tidak melihat salah satu keluhan sejauh ini. Jadi berpikir untuk menyiapkan benang Jika Anda intrested silahkan posting pendapat Anda

Venombite-Have-masalah ini telah dilaporkan sebelumnya, mungkin tidak ada yang peduli untuk memeriksa
**** *** Benang akhir tua*** ****

Puisi sahabat


 Sahabat ku

Sahabatku adalah tetesan embun pagi
yang jatuh membasahi kegersangan hati
hingga mampu menyuburkan seluruh taman sanubari
dalam kesejukan

Sahabatku adalah bintang gemintang malam di angkasa raya
yang menemani kesendirian rembulan yang berduka
hingga mampu menerangi gulita semesta
dalam kebersamaan

Sahabatku adalah pohon rindang dengan seribu dahan
yang memayungi dari terik matahari yang tak tertahankan
hingga mampu memberikan keteduhan
dalam kedamaian

Wahai angin pengembara
kabarkanlah kepadaku tentang dirinya
Sahabatku adalah kumpulan mata air dari telaga suci
yang jernih mengalir tiada henti
hingga mampu menghapuskan rasa dahaga diri
dalam kesegaran

Sahabatku adalah derasnya hujan yang turun
yang menyirami setiap jengkal bumi yang berdebu menahun
hingga mampu membersihkan mahkota bunga dan dedaun
dalam kesucian

Sahabatku adalah untaian intan permata
yang berkilau indah sebagai anugerah tiada tara
hingga mampu menebar pesona jiwa
dalam keindahan

Wahai burung duta suara
ceritakanlah kepadaku tentang kehadirannya


Puisi

Ibunda

bunda, bunda
anakmu ingin berjumpa
barpelukan penuh cinta
nanda takkan pernah lupa
besar cinta yang bunda punya
telah ku terima sejar lahir kedunia
mesi sering kubuat dirimu menangis terisak
tetap saja kau meneteskan keringatmu untukku
maafkan nanda, bunda
nanda baru sadar, sesakit inilah rasa kehilangan yanng abadi
tetsan air mata tak dapat kubendung
melihat tubuhmu terbujur kaku
bunda…………….
dibulan purnama ini, aku alunkan lagu rindu
dikeheningan malam
semoga bunda terselimuti hangat do’aku
amin

Puisi

Bunda

wajah mu begitu manis
kau bangunkan aku dengan senyummu yang begitu indah
untuk mengajakku ceria tiap pagi

bunda…
jasa mu begitu besar
kau yang beri aku kesempatan
untuk melihat dunia ini

bunda…
kau tak pernah putus semangat
untuk membimbingku
kau yang slalu mendukung ku untuk bisa

bunda…
perjuangan mu amatlah berat
kasih sayang mu tak ada putusnya
hingga kali ini ku ucapkan

~ TRIMAKASIH BUNDA ~

Read more: http://www.gudangpuisi.com/2011/06/bunda-3.html#ixzz1T2qgnzVC

Puisi Cinta

Musik yang menyanyikan cinta

Ada gerimis di jantungmu
musik yang menyanyikan cinta

kusaksikan refreinnya mengembun di matamu
menetes di kelopak bunga

seolah pagi baru saja bangkit
mengetukngetuk jendela.

Kau tatap aku, pun aku tak dapat menahan
matamu bagai sunyi dalam senandung

cinta di bulan
Agustus.

Aku terseret gerimis di
jantungmu.

Puisi Cinta

Algoritma laut dan hujan

Bila kau seumpama laut dan hujan, algoritma ini merelasikan ombak dan hujan: Ombak itu pelukan, hujan itu deras bisikan, dan gemuruh adalah dentum cinta yang tak henti menghantam dada, menghujamkan airmata ke penjuru semesta, menjelma kepakkepak camar yang menjaga samudera. Perahu itu aku.

Di ujung tanjung, debar jantungmu melantunkan ombak. Jemarimu menggulung rindu. Di ujung kelambu kalbu, bermanja menghelai lembar demi lembar rambutmu seakan menyisir pantai. Pasir adalah kanvas perjalananku, tempat setiap jejak kucetak dengan sajak, jejak yang kauhimpun di lengan ombak: memelukku. Pantai itu aku, selalu rapat di sisimu.

Hujan. Di sudut buku katakata berdesakan memasuki guguran hujan. Langit seakan berkilatan menggoreskan tanda seru. Cahaya menjelma gemuruh. Hujan membasuh unggun sajakku, mengeramas setiap aksara, menggenangi ruh huruf dengan bening airmata. Lalu tersisa sebagai butiran yang menetes di akhir paragraf. Dan di halaman berikutnya itu aku.

Aku, yang selalu hanyut bersamamu.

Puisi Cinta

Ku temukan puisi dalam sebait cinta

Tetes hujan yang melambai di kaca jendela ia mencari alamat sungai. Aku mencari alamat hatimu. Kutemukan telaga: sebuah genangan sunyi, tanpa ombak tanpa nyanyi, lalu kutenggelam dalam bening puisi. Itulah yang istimewa tentang dirimu, ketika segayung hujan membasuh telapak tanganmu, aku terhanyut di situ, lautan teduh dekapanmu. Maka aku menyamar hujan, memelukmu deras, mencium parasmu dengan kecup rintik yang tak pernah tuntas.

Di telapak tanganmu aku mengembara tanpa berhenti, menyusuri garisgaris sungai keberuntunganku. Setiap garis adalah makna. Membawaku pada muara bernama cinta. Aku di situ melukis sawahsawah yang menguning dengan jejak hidupku. Rerumputan, ilalang, kenangan, dan bunga-bunga rindu. Airmata dan semesta. Hujan dan doa. Membentangkan tenda cahaya tempat kita menghabiskan waktu dan bara. Setiap bintang adalah karunia. Setiap titik waktu yang aku petik untukmu.

Aku ingin menulis seperti sebaris embun yang kauselipkan pada seliris kuntum di bibirmu. Cukup manis walau hanya sebait senyum. Kutahu, puisi tak selalu tercipta dari kata. Tetapi hanya dengan kata kumampu menceritakan puisi ini padamu.

puisi

Rinduku,ragaku, dan jiwaku Rindu,,

ketika lepas terlahir dari ragamu…
aku membiru ibu…..
seolah aku dan tangisku tau…
aku kini tak menyatu dalam tubuhmu…

seperti itu aku saat ini….
hatiku membiru dalam kalbu
jiwaku terpaku dalam rindu..
ya…..!!karena aku jauh darimu

tangisku sekarang tak mampu merayu
dalam setiap layu ragaku
aku hanya mampu memanggil dalam setiap mimpku
dalam lelap dan dalam lelah langkahku
i luv u ibu…..ijinkan aku bersujud mencium kakimu!!

Read more: http://www.gudangpuisi.com/2011/06/rindukuragaku-dan-jiwaku-rindu-ibu.html#ixzz1T2lPxFmQ

Puisi

Cinta dan Dunia

Hidup tiada arti tanpa cinta
Cinta membawa kita kepada Maha Kuasa
Cinta membawa kita pada ibadah
Cinta ajaran Rasulullah

Apalah arti tanpa mencintai
Cinta sejemari telunjuk
Tanpa cinta dunia kan pendek
Cinta menjaga silahturahmi

Hidup di dunia
Tak luput dari sebatas usia
Sesempurna diciptakan manusia
Diciptakan bukan tuk sia-sia

Read more: http://www.gudangpuisi.com/2011/06/cinta-dan-dunia.html#ixzz1T2l9YLD5

Puisi

Jiwa KU...

telah lama aku menunggu
arti hadirmu dalam hidupku
telah jauh aku merasa
abadi kisah dan makna cinta
sucinya kasih yang kau beri
mahlingai indah terurai
kau mentari di pagiku
kau purnama di malamku
setiap kedipan mataku
setiap hembusan nafasku
terukir manis oleh namamu
hadirmu tak enggan menyertai
melengkapi dan menyayangi
setulus dan sepenuh hati
tunggu aku tuk ucapkan
engkaulah……..jiwaku……………

Read more: http://www.gudangpuisi.com/2011/07/jiwaku-2.html#ixzz1T2kw7ZiF

Puisi

SADARLAH!!!!!

Kapankah dia sadar
Dan hatinya kan terbuka
Bukan baru saat ini dia tegar
Seharusnya sejak dahulu kala

Dunia tuk menjalankan ujian
Dunia kita di uji dengan titipan
Buah hati titipan Illahi
Yang dijaga sepenuh hati

Manusia diciptakan berpasang
Dengan kodratnya masing-masing
Dan tak bisa hidup hanya seorang
Janganlah itu di tantang

Lelah sudah ilat bersilat
Ku coba dengan tindakan
Dan Jemari melantun
Agar kamu inga

Read more: http://www.gudangpuisi.com/2011/06/sadalah.html#ixzz1T2khW9cd

Puisi

rokok dan musik

Ku yang belum beranjak
Dari hati kasih tak berkompak
Ku yang percaya akherat kelak
Dari dunia dimana ku berpijak

Dengan rokok yang kubakar
Dengan musik yang kudengar
Dihati pula berbisik tetaplah tegar
Jemari ini mengetik berusaha sabar

Rokok yang ku hisap
Musik religi di sunyi senyap
Benak ringan tertiup
Mengajak tasbih berucap

Kemana suara ini kan meraung
Kemana lagi bawa hati riang
Kemana hati seorang yang kutimang
Ketenangan hadir hanya mengenang

Read more: http://www.gudangpuisi.com/2011/07/rokok-dan-musik.html#ixzz1T2kGrmN0

kata mutiara

Penyabar Adalah Mereka Yang Bisa Mengelola Amarahnya

Seorang teman memberikan sumbangan artikel pendek untuk blog kata mutiara dotnet pagi ini. This is it:

Hanya seorang yang pemarah yang bisa betul-betul bersabar. Seseorang yang tidak bisa merasa marah tidak bisa disebut penyabar, karena dia hanya tidak bisa marah. Sedangkan seorang lagi yang sebetulnya merasa marah, tetapi mengelola kemarahannya untuk berlaku baik dan adil adalah seorang yang berhasil menjadikan dirinya bersabar. Dan bila Anda mengatakan bahwa untuk bersabar itu sulit, Anda sangat tepat, karena kesabaran kita diukur dari kekuatan kita untuk tetap mendahulukan yang benar dalam perasaan yang membuat kita seolah-olah berhak untuk berlaku melampaui batas.

kata mutiara

Sekali Dayung Dua Tiga Pulau Terlampaui

kata mutiara hari ini tentang Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kata mutiara ini memiliki arti yang sangat luas baik dalam kehidupan dan atau dalam dunia bisnis. Seperti bisnis mutiara misalnya, jika blog saya ini terkenal dengan kata kunci mutiara maka bukan hanya iklan PPC yang bakal ramai tetapi jika saya bisnis mutiara beneran pun bisa rame, 2 pula telah terlampaui. Andaikan saya kenal dengan banyak pebisnis mutiara, bisa jadi saya pada akhirnya berbisnis segala sesuatu yang berhubungan dengan mutiara, contohnya menjadi makelar ruko tempat orang berjualan mutiara, 3 pulau terlampaui. Bisa jadi juga saya kenal dengan banyak orang yang memiliki koleksi kata mutiara, biasanya ini orang bijak. Dan memiliki teman orang bijak bisa membuat kita lebih bijak lagi, 4 pula terlampaui. Betul?

Kalau kita kaitkan dengan peluang bisnis yang kita jalani ini, terutama bisnis internet yang bisa digarap dari rumah, sedikit banyak kita dituntut untuk bisa berfikir untuk sekali dayung dan melampaui beberapa pula tadi. Sebagai contoh apabila anda menjalankan suatu peluang bisnis online dengan mempunyai beberapa website, maka Anda bisa menceritakan dimana Anda membelinya maka biasanya Anda bisa menghasilkan dari bisnis bagi hasil peluang usaha bisnis website. Bukan hanya itu, banyak orang yang perlu suatu cara untuk meramaikan website misalnya dengan strategi SEO. Anda bisa cerita bagaimana rahasia meramaikan website dengan mengupas rahasia search engine seperti Google tersebut. Bukan hanya itu, banyak orang ingin blognya diatas rata-rata bahkan membuat blog Dahsyat!. Caranya? Ada disini: Cara Membuat Blog Spektakuler. Saya telah meramaikan afi90.com, peluangusahabisnis.net, internetmarktingmu.com, membuatblog.net dengan paragrap ini sekali dayung.

Inilah yang dinamakan, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Prinsip seperti ini tidak hanyak berlaku dalam anda menjalankan bisnis didalam dunia maya, akan tetapi dalam dunia nyata pun Prinsip ini juga banyak digunakan oleh orang-orang sukses, sebagai contoh seorang guru yang sedang mamberikan pengajaran di suatu universitas, namun karena guru tersebut memiliki prinsip sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ini, maka si guru ini akan sedikit banyak berinovasi, gimana kalau saya buka privat lesson, mengajar dibeberapa universitas, selama waktunya bisa diatur, hal ini tidak menjadi soal jik Anda menerapakan prinsip sekali dayung dua riga pulau terlampaui. Internet memberi potensi agar kita sekali dayung maka puluhan atau bahkan ratusan pulau bisa terlampaui. Internet menyimpan mutiara yang sangat banyak.

Kata Mutiara

Pikiran Mengubah Surga Menjadi Neraka Atau Sebaliknya

Ungkapan Bijak Pikiran Bisa Mengubah Surga Menjadi Neraka Atau Sebaliknya ini merupakan sumbangan dari Pak Yohan, seorang teman FaceBook saya. Facebook memang komunitas yang sangat besar dan tempat berbagi cerita, bisnis, motivasi, dan sebagainya tanpa batas ruang dan waktu. Berikut ini kata bijak dari teman saya itu:

Pikiran ada tempatnya sendiri, dari pikiran itu bisa mengubah surga menjadi neraka atau neraka menjadi surga.

Saya yakin maksudnya adalah jika kita berpikir positif, berpikir yang bersyukur, berpikir dan bertindak secara konsisten maka bermula dari situ kita akan memetik hasil yang menyenangkan.

Namun karena kata mutiara ini bukan asli dari saya, maka saya tak dapat mengklaim 100 persen seperti itu yang dimaksudkan pak Yohan. Secara detail bagaimana caranya mengubah surga menjadi neraka (ini tidak enak), atau mengubah nerga menjadi surga dengan pikiran (ini yang enak), dapat Anda tanyakan langsung ke pak Yohan di Facebooknya. Untuk menjadi temannya di Facebook, silahkan: Join Yohan di Facebook.

kata mutiara

Pengetahuan Adalah Kekuatan

Kata mutiara hari ini adalah tentang Pengetahuan Adalah Kekuatan. Artinya banyak orang mencapai sukses dengan pengetahuan yang dimilikinya. Orang yang memiliki pengetahuan bisa mengelola sumber daya alam, menciptkan teknologi yang berguna untuk menusia dan sebagainya. Tentu pula pengetahuan saja tidaklah cukup sampai pengetahuan tersebut jatuh ke tangan seseorang yang sanggup mengubahnya menjadi kemampuan bertindak, take action. Sekedar pengetahuan saja masih belum lebih dari sedikit diatas mimpi. Karena itulah Stop Dreaming Start Action menjadi penting.

Kata bijak ini mengandung makna bahwa semakin tinggi pengetahuan seseorang maka semakin besar dan pengaruhnya, tentunya kata mutiara tentang Pengetahuan ini dimaksudkan untuk pengetahuan yang digunakan secara positif. Semoga kata bijak hari ini dapat memperkuat motivasi Anda untuk meningkatkan pengetahuan Anda dan menggunakannya untuk kebaikan.

kata mutiara

Melewati Hari Dengan Penuh Makna

Kata Mutiara hari ini tentang: Melewati Hari Dengan Sejuta Makna. Saya tak tau siapa yang pertama kali mengucapkan kata ini, yang jelas saya sangat terkesan, dan semoga Anda juga dapat memaknai kata mutiara yang satu ini dengan cemerlang. Berikut ini seuntai kalimat yang diemailkan istri saya, karena dia memang saya minta untuk mencari materi untuk blog kata mutiara ini, hehe..

Rahasia terbesar dalam hidup adalah melewati hari ini dengan penuh makna tentang cinta, ilmu dan iman. Karena dengan cinta hidup menjadi indah, dengan ilmu hidup menjadi mudah dan dengan iman hidup menjadi terarah.

Semoga seuntai kata mutiara, eh kalimat mutiara di atas bermanfaat dahsyat untuk Anda.

Kepala Silinder

Kepala Silinder THE kepala silinder DUA-STROKE tentu tidak terlihat sangat menarik namun desain memiliki pengaruh besar pada seberapa baik mesin Anda akan berjalan. Produsen menggunakan berbagai bentuk eksternal dan pola sirip pendinginan tetapi kebutuhan utama di sini adalah bahwa pendinginan daerah yang cukup besar untuk cukup mendinginkan mesin. Beberapa orang merasa bahwa kepala harus memiliki sirip radial untuk menjadi baik, tapi aku tidak setuju. Finning konvensional sepenuhnya memadai. Ini adalah area permukaan yang diperhitungkan, bukan pola sirip. Apa yang lebih penting adalah bentuk ruang pembakaran dan lokasi dari spark plug. Selama bertahun-tahun pembakaran desain ruang telah dicoba, tetapi hanya beberapa yang kondusif untuk mesin, tenaga kuda yang dapat diandalkan tinggi. Hal satu kuat dua-stroke tidak perlu merupakan ruang pembakaran yang mempromosikan peledakan, momok pembunuh dari semua balap dua-stroke. Untuk memahami jenis ruang pembakaran yang Anda butuhkan perlu menghargai apa ledakan dan apa yang dapat dilakukan untuk terbebas dari masalah. Detonasi terjadi ketika sebagian dari perubahan bahan bakar / udara mulai membakar spontan setelah pembakaran yang normal terjadi. Bagian depan api diciptakan oleh kondisi ini pada akhirnya bertabrakan dengan api diprakarsai oleh busi. Hal ini menyebabkan yang cepat dan kekerasan tekanan build-up, dan palu Ledakan yang dihasilkan internal mesin komponen. Detonasi daun banyak kirim-kisah tanda-tanda yang tuner dua-stroke harus memiliki mata yang selalu waspada. Tanda yang paling jelas adalah mahkota piston dibumbui sekitar tepi sebagai meskipun telah pasir hancur. Sepeda dengan silinder aluminium berlapis biasanya akan menunjukkan efek yang sama mengecam pasir di sekitar bibir atas lubang. Sebuah retak (tidak cair) spark steker isolator juga menunjukkan detonasi. Jika terus berlari, meledakkan sebuah mesin akhirnya akan merebut dan / atau memiliki lubang menekan kanan melalui bagian atas piston. Kondisi yang mengarah ke detonasi tinggi bahan bakar / campuran udara kepadatan tinggi kompresi, suhu biaya tinggi dan maju percikan yang berlebihan. Sebuah piston tinggi mahkota atau suhu ruang bakar juga dapat menyebabkan kondisi ini. Dalam balap 13 Dua Stroke Tuning Kinerja dua-stroke semua pemicu ledakan yang hampir tidak dapat dihindari, dengan pengecualian timbal percikan yang berlebihan. Para peneliti telah menemukan bahwa itu adalah gas pada batas yang sangat luar ruang pembakaran, yang disebut 'gas akhir', bahwa self-memicu untuk menyebabkan ledakan. Ini end gas dipanaskan oleh logam sekitar mahkota piston dan pembakaran ruang, dan juga oleh panas memancar dari api dinyalakan percikan-maju. Jika percikan api mencapai tepi luar dari ruang pembakaran cukup cepat, ini gas akhir tidak akan punya waktu untuk memanaskan cukup untuk diri menyalakan dan endapan detonasi. Di sinilah letak kunci untuk mencegah detonasi - menjaga gas dingin dan akhir mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk api pembakaran untuk mencapai gas akhir. Langkah yang paling jelas yang akan memenuhi kebutuhan kedua adalah untuk membuat ruang pembakaran sekecil mungkin, dan kemudian menempatkan busi di tengah ruangan. Tentu api pembakaran gas akan mencapai akhir dalam kecil ruang pembakaran lebih cepat daripada jika ruangan itu dua kali lebar. Selain itu, busi pusat mengurangi perjalanan api untuk minimum.Dalam pertemuan persyaratan kedua, kebutuhan untuk menjaga gas akhir keren juga bisa diakomodasi. Jika kita memindahkan ruang pembakaran diri sebagai dekat dengan mahkota piston mungkin, pembakaran tidak akan terjadi di sekitar tepi ruang sampai piston telah melakukan perjalanan jauh melewati TMA. Ini area permukaan besar bertindak sebagai heat sink dan melakukan panas dari gas-gas akhir, mencegah diri pengapian. Ruang yang baru saja dijelaskan disebut squish-tipe ruang bakar karena band squish sekitar tepi. Awalnya, band squish dirancang untuk squish bahan bakar / udara biaya dari tepi silinder menuju busi yang, tentu saja, masih tetap. Gas bergerak cepat memenuhi busi dan cepat membawa pembakaran api ke ujung ruang pembakaran, sehingga mencegah detonasi. Sejak saat itu, manfaat lebih dari ruang squish telah datang untuk cahaya. Para campuran yang dibersihkan di ruang pembakaran dari band squish homogenises campuran bahan bakar / udara yang lebih menyeluruh dan juga campuran apapun pembuangan sisa gas masih hadir dengan biaya bahan bakar. Ini berfungsi untuk mempercepat pembakaran dengan mencegah basi gas kantong dari pembentukan. Kantong seperti melambat, dan dalam beberapa kasus dapat mencegah, penjalaran api. Turbulensi yang disebabkan oleh band squish juga berfungsi untuk meningkatkan perpindahan panas pada percikan api yang diprakarsai depan. Tanpa perpindahan panas yang tepat, jet api akan cenderung menembak ke arah tepi ruang pembakaran, sebelum waktunya pemanasan sekitarnya gas untuk memulai siklus yang mengarah ke detonasi. Pembakaran yang cepat memiliki kelebihan lain selain mengendalikan ledakan. Dengan peningkatan kecepatan pembakaran ada, kebutuhan, penurunan terkait dalam percikan muka. Lebih dekat ke TDC kita dapat memicu biaya, pekerjaan kurang negatif kita harus melakukan penekanan biaya pembakaran yang berusaha untuk memperluas. Juga ada yang kurang kehilangan energi dalam bentuk panas yang dipindahkan ke kepala silinder dan piston mahkota. Ketika lebih sedikit panas yang dilakukan untuk kepala dan piston, mesin berjalan lebih dingin dan membuat kekuatan lebih. Sebuah sisi manfaat yang dihasilkan dari pendingin piston juga meningkatkan daya output. Sebuah piston keren tidak panas muatan terjebak di crankcase sebagai banyak, sehingga pendingin, padat bahan bakar / udara biaya memasuki siklus masing-masing silinder, untuk membuat daya lebih. 14 Jika Anda memikirkannya, Anda akan melihat bahwa pembakaran jenis kompak squish Diam ruang dengan busi offset. Akhir gas meledak. Squish ruang dengan busi pusat. Pengapian api kemajuan lancar. Squish band. Dua Stroke Tuning Kinerja ruang juga berkontribusi pada piston dingin dengan membatasi pembakaran sangat intens api untuk sekitar 50% dari mahkota piston sebelum dan sesudah TDC. Desainer mesin telah diketahui tentang hal-hal ini untuk waktu yang cukup. Hal ini mengapa Anda akan menemukan mesin balap terbaik mengikuti desain squish. Juga Anda akan melihat bahwa mesin ini memiliki bore yang sangat kecil dalam hubungannya dengan stroke, karena ini juga pemotongan bawah ukuran dari ruang pembakaran dan mengurangi area mahkota piston terkena untuk api pembakaran. Dalam upaya untuk meminimalkan distorsi silinder dan piston, beberapa produsen telah memilih untuk menggunakan tipe diimbangi squish ruang pembakaran (GAMBAR 2.2). Knalpot sisi silinder dua-stroke dan piston selalu terpanas, meskipun pendinginan udara aliran jauh lebih baik di sini daripada di bagian belakang (sisi inlet) dari mesin. Ada beberapa alasan untuk ini, semua yang terkait dengan perjalanan yang sangat panas (630 ° C) gas buang melalui exhaust port. Gas keluar memanaskan exhaust port dan dinding silinder sebagai serta sisi piston. Hal ini dapat menyebabkan piston untuk memperluas normal dan dalam beberapa keadaan untuk merebut. Untuk menjaga kemungkinan ini, pabrikan dapat memilih untuk meningkatkan piston untuk pembersihan silinder, namun ini mungkin tidak diinginkan sebagai tambahan izin dapat meningkatkan kebocoran melewati cincin dan biasanya hasil di pakai piston tinggi. Sebuah Langkah lebih aman adalah untuk memindahkan ruang bakar ke bagian belakang kepala. Jika ini dilakukan, bagian depan mahkota piston terlindung dari api pembakaran dengan squish permukaan. Kemudian, ketika depan piston dipanaskan selama knalpot stroke, akan tidak berkembang sejauh ini karena menjadi yang awalnya lebih dingin. Beberapa dua-stroke engine diproduksi dengan squish dan ruang squish offset, tapi sayangnya produksi massal biasanya mengurangi efektivitas mereka. Ini adalah sangat tugas yang sulit untuk menjaga toleransi lebih dekat dari sekitar 0.2mm dalam produksi. Oleh karena itu Anda menemukan banyak mesin dengan izin squish 1,3-1.8mm bukan 0,6-0.8mm izin yang diperlukan. Pembakaran ruang offset untuk belakang silinder. Kepala Silinder Jika mesin Anda hanya untuk bermain, dan itu menggunakan sepeda motorcross yang banyak diletakkan, squish clearance yang luas tidak akan peduli. Anda tidak akan mendapatkan puncak kekuasaan, tetapi Anda mungkin akan pernah tahu bedanya. Dan Anda mungkin tidak akan pernah naik cukup keras mengalami detonasi. Namun, jika Anda ingin berkuasa atas dan tidak ada risiko ledakan, clearance squish harus ditutup naik. Sebuah band squish yang tidak bekerja adalah lebih buruk daripada tidak ada band squish sama sekali karena limbah bagian dari bahan bakar / udara tagihan Anda. Biaya bahan bakar terbuang mantra kurang tenaga kuda. Untuk memberikan gambaran berapa banyak tenaga kuda Anda bisa kehilangan itu akan baik untuk mempertimbangkan contoh pembalap Yamaha TZ250 jalan. Mesin ini memiliki lubang 54mm diameter dan ruang squish offset. Rasio kompresi dikoreksi adalah sekitar 15:1, yang berarti bahwa muatan terjebak dikompresi menjadi 8.8cc ruang dalam volume. Jika clearance squish adalah 1.7mm (banyak motor datang dari pabrik seperti itu) 1.94cc muatan terjebak tidak akan dibakar sampai TDC baik masa lalu, terlambat untuk menghasilkan daya apapun. 1.94cc mewakili 22% dari biaya masuk yang hilang. Ketika squish Bersihan dikurangi 0.8mm hilangnya muatan dikurangi menjadi 10,5% 0.92cc atau. Di atas kertas tampaknya cara mudah untuk mengambil kekuasaan 11,5% lebih, namun kerugian mengurangi peningkatan ini sekitar 5-6% pada dyno. Oleh karena itu daya maksimum naik 52-55 hp. Midrange listrik dapat naik sebanyak 10%, sehingga sepeda lebih mudah untuk naik dan tidak meledak. Mengurangi clearance squish tidak mudah, Anda tidak bisa hanya mesin 1mm, atau apapun, dari kepala sebagai rasio kompresi akan berakhir banyak nomor terlalu tinggi. Juga Anda harus memastikan untuk tidak mengurangi clearance sehingga piston akan bang ke kepala di rpm tinggi. Jarak yang dibutuhkan akan bervariasi dari mesin ke mesin, dan juga pada bagaimana hati Anda berniat untuk menjadi setiap kali Anda mengganti piston, batang atau per barel. Pistons biasanya bervariasi tingginya kompresi hingga 0.2mm. Conrods seharusnya berada dalam kisaran 0.2mm tetapi mereka bisa sampai 0.5mm keluar. Tinggi silinder yang tetap dipertahankan dalam 0.4mm. Dalam kasus terburuk Anda bisa membangun kembali motor dengan yang baru piston, batang dan barel. Piston bisa 0.2mm lebih tinggi dan 0.2mm batang lagi. Bersama dengan 0.4mm silinder lebih pendek dari sebelumnya, bagian-bagian baru dapat mengurangi Anda pembukaan squish sebesar 0,2 + 0,2 + 0,4 = 0.8mm yang akan menghasilkan motor ditiup jika izin ditetapkan sebesar 0.8mm sebelumnya. Produsen menyadari hal ini, sehingga mereka sengaja mengatur izin luas untuk membuat penyisihan untuk kombinasi bagian-bagian terburuk ukuran. ntuk menemukan secara akurat apa sosok izin squish adalah, laras harus dikencangkan di atas gasket ketebalan dasar standar. Bersihkan semua jejak karbon dari kepala dan piston. Tempatkan strip tanah liat 20mm lebar tebal 3mm di piston TABEL 2.1 squish jarak minimum Ukuran Clearance (cc) silinder (mm) 50-80 0.6-0.8 100-125 0.7-0.9 175-250 1.0-1.4 300-500 1.1-1.5 17 Dua Stroke Tuning Kinerja mahkota. Fit paking kepala dan kepala dan putar engkol untuk memindahkan piston hanya masa lalu TDC. Hapus kepala dan kemudian memotong tanah liat di tengah dengan pisau, tajam basah. Hati-hati tarik satu strip dari tanah liat dari piston dan kemudian mengukur ketebalan tanah liat kiri pada piston. Anda harus akurat, sehingga menggunakan akhir kaliper Vernier Anda. Sebagai cross-cek juga mengukur ketebalan tanah liat di sisi lain piston. Jika ketebalan bervariasi ini akan menunjukkan bahwa permukaan paking kepala telah mesin di pesawat yang berbeda dengan yang ada pada ruang pembakaran. Juga pada ukuran ini waktu dan catatan, untuk referensi di masa mendatang, ketebalan paking kompresi dasar dan kepala gasket. Setelah ketebalan tanah liat diukur Anda bisa mengetahui seberapa jauh kepala harus mesin untuk memberikan izin squish diinginkan. Seperti disebutkan sebelumnya, pembakaran ruang juga harus mesin lebih ke kepala untuk menjaga rasio kompresi di tingkat yang dapat diterima. Jika Anda ingin menjaga rasio kompresi yang sama dengan standar, ruang bakar harus mesin dua kali sedalam jumlah skim off untuk mengurangi clearance squish, dengan asumsi sebuah band squish 50%. Oleh karena itu jika 0.9mm adalah dihapus, ruang pembakaran akan harus dibuat 1.8mm lebih dalam. Sebuah squish 50% band satu memiliki wilayah yang sama dengan setengah wilayah yaitu lubang silinder. mesin dengan 54mm bore akan memiliki sebuah band squish sekitar 8mm lebar